Problematika peserta didik dalam belajar menghafal Al-Qur’an juz 30 di MTs Negeri Jeketro Gubug Grobogan

Aliyah, Nur (2016) Problematika peserta didik dalam belajar menghafal Al-Qur’an juz 30 di MTs Negeri Jeketro Gubug Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB ll.pdf - Accepted Version

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang problematika peserta didik dalam belajar menghafal al-Qur’an juz 30 di MTs Negeri Jeketro Gubug Grobogan. Penelitian dilatarbelakangi oleh problematika yang dialami oleh peserta didik dalam belajar menghafal al-Qur’an. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab problematika yang dihadapi peserta didik serta mencari solusi problematika peserta didik dalam belajar menghafal al-Qur’an juz 30. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. MTs Negeri Jekerto Gubug Grobogan tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret apa saja problematika peserta didik dalam belajar menghafal al-Qur’an juz 30 serta solusi yang diterapkan untuk mengatasi problematika tersebut. Dalam penelitian kualitatif tidak menggunakan angka dalam penafsiran terhadap hasil penelitian, melainkan menggunakan kata-kata. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sumber utama dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs Negeri Jeketro sebagai pelaku hafalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dialami oleh peserta didik dalam belajar menghafal al-Qur’an juz 30, yaitu 1) problematika yang berasal dari peseta didik seperti lupa terhadap ayat-ayat yang sudah dihafal, kemalasan peserta didik untuk mentakrir dan menghafal dengan tergesa-gesa, serta adanya perbedaan tingkat kecerdasan yang dimiliki peserta didik juga sangat berpengaruh terhadap hafalan peserta didik. 2) problematika yang berasal dari guru, yaitu kurangnya metode yang dikuasai oleh guru penguji hafalan dalam mengajar hafalan kepada peserta didiknya. 3) problematika yang berasal dari madrasah yaitu, kurang maksimalnya waktu yang disediakan untuk belajar menghafal juz 30, tidak adanya takrir hafalan juz 30 serta tidak ada tes hafalan untuk peserta didik. Dari hasil penelitian tersebut peneliti berusaha menganalisa problem-problemnya untuk mencari jalan keluar agar problem tersebut segera teratasi. Peserta didik dan guru penguji hafalan al-Qur’an dapat melaksanakan proses belajar menghafal al-Qur’an dengan lancar dan tercapai tujuannya dalam menghafal al-Qur’an juz 30. Solusi dari problematika tersebut yaitu 1) peserta didik harus bersungguh-sungguh dalam belajar menghafal al-Qur’an juz 30 serta bersungguh-sungguh untuk mentakrir hafalan agar tidak terjadi kelupaan terhadap ayat yang sudah disetorkan. 2) guru penguji hafalan harus berusaha lebih dalam untuk memnguasai metode hafalan dan mengajarkan peserta didik dalam belajar menghafal al-Qur’an juz 30. 3) untuk pihak madrasah agar memberikan jam tambahan untuk belajar memnghafal al-Qur’an dan mentakrir hafalan juz 30, serta mengadakan tes hafalan untuk peserta didik agar peserta didik tetap semangagt dalam menghafal al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Menghafal al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Lutfiyah, S. Ag., MSI.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 31 Oct 2016 05:53
Last Modified: 31 Oct 2016 05:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6009

Actions (login required)

View Item View Item