Pelaksanaan reading aloud dalam pembelajaran Al-Qur’an-Hadis (materi pokok “Gemar Bersilaturrahim”) pada siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Mijen Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Munir, Misbachul (2016) Pelaksanaan reading aloud dalam pembelajaran Al-Qur’an-Hadis (materi pokok “Gemar Bersilaturrahim”) pada siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Mijen Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas cara belajar melalui membaca nyaring pada siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Mijen Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya reading aloud dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis (Materi Pokok “Gemar Bersilaturrahim”). Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pembelajaran Al-Qur’an hadis pada siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Mijen Semarang? (2) Bagaimana proses pelaksanaan reading aloud pembelajaran Al-Qur’an hadis pada siswa kelas IV DI MI Miftahul Huda Mijen Semarang (materi pokok Gemar Bersilaturrahim)? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda Mijen Semarang. Madrasah Ibtida’iyah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mengetahui pelaksanaan reading aloud pembelajaran Al-Qur’an hadis pada siswa kelas IV DI MI Miftahul Huda Mijen Semarang (materi pokok Gemar Bersilaturrahim). Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi dan studi dokumentasi. Kajian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran Al-Qur’an hadis pada siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Mijen Semarang adalah pertama, guru berupaya memperkenalkan urgensi al-Qur’an dan hadis kepada siswa untuk dibaca nyaring, dihayati, dan diamalkan. Kedua, para guru MI Miftahul Huda memilki jawaban yang esensinya sama bahwa al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup harus dapat dibaca oleh siswa sedini mungkin, utamanya mulai tingkat ibtidaiyah. Penuturan para responden mengisyaratkan pentingnya al-Qur’an dan hadis untuk dijadikan petunjuk kehidupan yang harus ditanamkan pada manusia yang mengaku muslim mulai dari masa kanak-kanak sampai ke liang lahat. (2) Dari segi pelaksanaan, bahwa langkah-langkah pembelajaran al-Qur’an dan hadis pada Siswa Kelas IV di MI Miftahul Huda sesuai dengan metode pengajaran al-Quran. Dari segi pelaksanaan reading aloud, bahwa pelaksanaan reading aloud pembelajaran Al-Qur’an hadis pada Siswa Kelas IV DI MI Miftahul Huda Mijen Semarang sesuai dengan manfaat dan kelebihan reading aloud yaitu membaca nyaring memberikan guru suatu cara yang tepat dan valid dalam mengevaluasi kemajuan kemampuan keterampilan membaca dalam intonasi, tekanan kata, pemenggalan kata, pemenggalan frasa, dan untuk menemukan kebutuhan pengajaran yang spesifik. Membaca nyaring memberikan latihan berkomunikasi lisan untuk pembaca dan meningkatkan kemampuan menyimak untuk pendengarnya. Membaca nyaring adalah media guru dalam membimbing secara bijak, bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri pada anak yang pemalu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Reading aloud; Membaca Al-Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Titik Rahmawati, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:21
Last Modified: 02 Nov 2016 07:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item