Implementasi Metode Cerita dalam Pembentukan Akhlak pada Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Gunungpati Semarang Tahun 2012/2013

Muqtashidah, Lulu’ Arfil (2012) Implementasi Metode Cerita dalam Pembentukan Akhlak pada Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Gunungpati Semarang Tahun 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111081_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111081_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111081_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111081_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111081_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111081_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111081_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (43kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas implementasi metode cerita dalam pembentukan akhlak anak usia dini. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama khususnya akhlak dengan memanfaatkan sifat naluri manusia yaitu meniru dengan memberikan teladan yang baik melalui cerita. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana implementasi metode cerita dalam pembentukan akhlak pada anak usia dini di PAUD Cahaya Gunungpati Semarang? Penelitian ini tergolong sebagai penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang berarti bukan berupa angka-angka. Data diperoleh melalui wawancara yang ditujukan pada kepala sekolah dan guru, dalam penerapan metode cerita untuk membentuk akhlak anak usia dini. Observasi untuk memperoleh data dengan mengamati secara langsung proses pembelajaran dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan PAUD Cahaya Gunungpati Semarang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif. Dalam hal ini analisis digunakan untuk menganalisis pelaksanaan metode cerita dalam pembentukan akhlak pada anak usia dini di PAUD Cahaya Gunungpati Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode cerita yang dilakukan di PAUD Cahaya dilakukan dengan melakukan persiapan, baik persiapan pribadi maupun persiapan teknis. Sehingga proses pembelajaran lebih terarah dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Selanjutnya penyampaian materi cerita dengan beberapa langkah yaitu dengan melakukan proses komunikasi dua arah yang jelas, menggunakan variasi suara yang disesuaikan dengan isi cerita, sehingga emosi siswa bisa tergugah. Penggunaan alat peraga untuk mempermudah pemahaman siswa dan yang terakhir dengan memberikan pancingan pertanyaan, sehingga nanti diketahui seberapa besar pemahaman siswa tentang cerita yang disampaikan. 2) Pembentukan akhlak yang dapat dilihat dari penerapan metode cerita adalah adanya motivasi dan pengarahan dari kegiatan yang dilakukan, terjadi perubahan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan agama atau norma-norma masyarakat yang diketahuinya dari cerita. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Cerita; Pembentukan Akhlak; Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 06 Dec 2013 02:14
Last Modified: 06 Dec 2013 02:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item