Studi tentang manajemen kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah NU 07 Patebon

Ghoni, Abdul (2016) Studi tentang manajemen kesiswaan di Madrasah Tsanawiyah NU 07 Patebon. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peserta didik menurut ketentuan umum dalam Undang-Undang RI tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pendidikan yang tersediapadajalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Siswa juga bisa disebut sebagai suatu komponen terpenting dalam dunia pendidikan, karena semua yang dilakukan sekolah bertujuan agar siswanya mampu menjadi manusia yang berkualitas sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Pengertian siswa tersebut menjadi sebuah usaha madrasah untuk mengelola kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik yang dirancang secara sengaja dari awal siswa masuk, berproses dan lulus. Dalam hal ini Manajemen kesiswaan adalah sebuah tugas yang dilaksanakan secara berkelanjutan agar mampumemberikan pelayanan terbaik demi mencetak siswa yang berkualitas. Penelitian ini mengkaji tiga rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana perencanaan pembinaan peserta didik di MTs NU 07 Patebon? (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan peserta didik di MTs NU 07 Patebon? (3) Bagaimana evaluasi pembinaan peserta didik di MTs NU 07 Patebon? Permasalahan tersebut dibahas menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan hasil data akhir yang berupa uraian deskriptif. Metode pengumpulan data memakai teknikdokumentasi, observasi, wawancara (interview), dan triangulasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu : reduksi data (merangkum dan memilih hal - hal yang pokok, memfokuskan hal yang terpenting, dan membuang hal yang tidak perlu), display data (data hasil reduksi disajikan ke dalam bentuk naratif, table, grafik sehingga mudah dipahami), verifikasi data (penyimpulan hasil akhir data), dan interpretasi (meningkatkan pemahaman dengan berupaya mencari makna. Perencanaan pembinaan peserta didik di MTs NU 07 Patebon banyak melibatkan warga Madrasah antara lain: Kepala Madrasah, Waka kesiswaan, guru dan pegawai supaya dari pihak warga Madrasah menampung aspirasi yang ada dan berusaha memasukkan ke dalam program kerja Madrasah. Tujuan utama perencanaan kesiswaan di MTs NU 07 Patebon adalah supaya Madrasah mampu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik sehingga tercipta kondisi pembelajaran yang efektif. Pelaksanaan pembinaan peserta didik di MTs NU 07 Patebon secara praktek sudah melakukan pelaksanaan kesiswaan. Hal ini terbukti bahwa manajemen kesiswaan melaksanakan kegiatan mulai dari : Penerimaan peserta didik baru, Masa orientasi peserta didik baru, mengatur kehadiran dan ketidakhadiran, pengelompokan siswa, pengaturan tingkat siswa, Mutasi dan drop out, mengatur kode etik dan pengadilan bagi siswa. Evaluasi yang dilakukan dilaksanakan setahun empat kali yaitu :Ulangan harian, Ujian tengah semester, Ujian semester dan ujian Kenaikan kelas. Kesimpulan Perencanaan pembinaan peserta didik di MTs NU 07 Patebon hendaknya melibatkan semua guru-guru agar terciptanya perencanaan yang baik. Pelaksanaan pembinaan peserta didik di MTs NU 07 Patebon hendaknya dilaksanakan dengan kerjasama yang baik antara guru-guru muda dengan guru-guru senior sehingga tim mampu berkerja dengan maksimal. Evaluasi pembinaan peserta didik di MTs NU 07 Patebon hendaknya dilaksanakan setiap selesai melaksanakan kegiatan agar dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya bisa lebih baik lagi. Serta guru-guru hendaknya mendapatkan pelatihan – pelatihan dalam berorganisasi sehingga dalam berkerja bisa lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahfud Junaedi, M. Ag.; Dr. H. Fatah Syukur, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen kesiswaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 12 Nov 2016 02:30
Last Modified: 12 Nov 2016 02:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6055

Actions (login required)

View Item View Item