Pengaruh model cooperative script terhadap hasil belajar siswa materi sifat dan perubahan wujud benda kelas IV MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun ajaran 2015/2016

Hardiyanti, Tiara (2016) Pengaruh model cooperative script terhadap hasil belajar siswa materi sifat dan perubahan wujud benda kelas IV MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun 2015/2016 pada materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda masih di bawah KKM yaitu 65. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran IPA, karena peserta didik hanya mendengarkan, mencatat dan mengerjakan latihan soal yang diberikan oleh guru sehingga peserta didik tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: bagaimana pengaruh model cooperative script terhadap hasil belajar siswa materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda kelas IV Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun 2015/2016. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif desain eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 57, dengan kelas IV A yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang terdiri dari 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar (post test) kelompok yang menggunakan model cooperative script adalah 76,37 sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode ceramah adalah 68,9. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 2,122 dan ttabel = 1,673 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada materi pokok sifat dan perubahan wujud benda antara penggunaan model cooperative script dengan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model cooperative script mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi pokok Sifat dan Perubahan Wujud Benda kelas IV Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Semarang tahun 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Andi Fadllan, M. Sc.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:17
Last Modified: 16 Nov 2016 04:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6096

Actions (login required)

View Item View Item