Efektivitas metode eksperimen dengan pendekatan scientific pada hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat benda di kelas III MI Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016

Fikriyyah, Mahidatul (2016) Efektivitas metode eksperimen dengan pendekatan scientific pada hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat benda di kelas III MI Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas metode eksperimen dengan pendekatan scientific pada hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat benda di kelas III MI Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Kajian yang dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di MI Mathalibul Huda Mlonggo masih didominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang aktif karena masih menggunakan metode ceramah dengan pendekatan konvensional. Hal tersebut kurang menunjang pembelajaran IPA, karena IPA bukan hanya penguasaan pengetahuan saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan, sehingga hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA masih banyak yang di bawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dengan pendekatan scientific efektif pada hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat benda di kelas III MI Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2015?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode eksperimen dengan pendekatan Scientific pada hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat benda di kelas III MI Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III MI Mathalibul Huda Mlonggo, kelas III A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas III B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui metode tes, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen dan kontrol sebelum dan sesudah diberi perlakuan yang berbeda. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data saat proses pembelajaran. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh nama dan jumlah peserta didik MI Mathalibul Huda Mlonggo kelas eksperimen, kontrol dan kelas uji coba, serta foto-foto saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan scientific efektif pada hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat benda di kelas III MI Mathalibul Huda Mlonggo Tahun Pelajaran 2015/2016. Rata-rata nilai posstest IPA kelas eksperimen (Kelas III A) lebih baik dari pada rata-rata nilai posstest IPA kelas kontrol (Kelas III B). Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar . Melalui uji-t yang dilakukan dengan taraf signifikan 5% didapat thitung (2,688) > ttabel (1,675). Adapun persentase peserta didik yang mencapai KKM pada kelas eksperimen yaitu 79% kategori efektif dan kelas kontrol sebesar 65% kategori cukup afektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Eksperimen scientific; Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Joko Budi Poernomo, M. Pd.; Ratih Rizqi Nirwana, S. Si., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Nov 2016 07:45
Last Modified: 18 Nov 2016 07:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6098

Actions (login required)

View Item View Item