Implementasi Model Pembelajaran Learning by Doing dalam Peningkatan Kreativitas Anak di RA Masyitoh Ds. Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang Tahun Ajaran 2011/2012

Azmi, M Fathul (2012) Implementasi Model Pembelajaran Learning by Doing dalam Peningkatan Kreativitas Anak di RA Masyitoh Ds. Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073111103_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111103_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111103_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111103_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111103_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111103_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111103_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran learning by doing dalam meningkatkan kreativitas anak di RA Masyitoh Kalibalik. Model pembelajaran learning by doing adalah model pembelajaran yang menekankan pada pengalaman anak secara langsung didalam suatu proses kegiatan belajar mengajar. Karena diharapkan dengan pendekatan ini seorang anak akan mampu memahami materi pembelajaran tanpa merasa dikekang atau dipaksa dan juga diharapkan akan meningkatkan kreativitas mereka. Ada beberapa metode dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan model learning by doing diantaranya adalah metode eksperimen, proyek, karya wisata dan model sentra-sentra pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian, yaitu: reduksi data, sajian data (display data), verifikasi data (menyimpulkan data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan model pembelajaran learning by doing di RA Masyitoh Kalibalik sudah cukup baik dengan diterapkannya model sentra pembelajaran dan metode bermain, demonstrasi, main peran, dan karya wisata. (2) faktor yang mempengaruhi implementasi model learning by doing dalam peningkatan kreativitas adalah pengembangan kurikulum, prinsip dasar pengajaran, kerjasama dengan orang tua anak didik. (3) efektivitas implementasi model pembelajaran learning by doing dalam peningkatan kreativitas anak ditunjukkan dengan beberapa hal diantaranya adalah Peran pengalaman dalam pendidikan, Kualitas kurikulum, Optimalisasi media pengajaran, Pendekatan humanis terhadap anak didik, Loyalitas dan kedisiplinan guru, Semakin tumbuhnya kedisiplinan pihak RA, anak didik dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Learning By Doing; Kreativitas Anak; Pendidikan Dasar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Dec 2013 03:59
Last Modified: 06 Dec 2013 03:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item