Pengaruh penerapan Sila ke-3 dan materi Pendidikan Kewarganegaraan tentang hak di sekolah terhadap pelaksanaan hidup rukun di kelas I A dan B MI Ianatusshibyan Kota Semarang tahun ajaran 2015-2016

Ningrum, Putri Wulan Septia (2016) Pengaruh penerapan Sila ke-3 dan materi Pendidikan Kewarganegaraan tentang hak di sekolah terhadap pelaksanaan hidup rukun di kelas I A dan B MI Ianatusshibyan Kota Semarang tahun ajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas I MI Ianatusshibyan Kota Semarang yaitu perbedaan latar belakang pendidikan dan lingkungan keluarga yang menjadikan gesekan kecil terkadang menjadi besar, baik gesekan secara langsung maupun tidak langsung. Menurut salah satu guru kelas 1, Ibu Maulida Maftuchah, S.Pdi, siswanya mempunyai latar belakang pendidikan pra-sekolah dan lingkungan yang berbeda-beda, oleh karena itu sikap dan sifat masing-masing anak pun juga berbeda. Selain itu, ada beberapa anak yang tidak mengikuti pendidikan TK/RA, tetapi langsung duduk di kelas 1 MI. Namun bukan berarti mereka tidak mampu bersosialisasi dengan baik, justru mereka dapat berbaur dengan temannya karena sudah mengikuti MADIN di sore hari. Selain itu, mereka dibesarkan dari keluarga yang berbeda. Ditinjau dari letak geografis, tempat tinggal siswa dekat dengan lokalikasi di daerah Mangkang, terminal dan jalan provinsi. Alasan latar belakang keluarga,pendidikan pra-sekolah dan beberapa pertimbangan inilah yang menuntut semua pihak harus terlibat dalam upaya menciptakan kerukunan antarsiswa di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Dari latar belakang ini, pihak sekolah berupaya mendidik dan membimbing siswa kelas 1 MI dengan memberikan program hafalan Asma’ul Husna sebelum masuk dan hafalan Pancasila mulai sila ke-1 sampai ke-5. Walaupun program ini sudah ada, akan tetapi tujuan dari program ini belum maksimal karena setiap tahun karakter siswa pun berbeda-beda. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan setiap tahunnya guna mengevaluasi program sekolah dan upaya menanggulanginya di tahun depan dengan obyek yang berbeda pula karakternya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi regresi. Variabel yang digunakan untuk memprediksi yaitu variabel prediktor atau independen atau bebas. Sedangkan variabel yang diprediksi yaitu variabel kriterium atau dependen atau terikat. Teknik analisi data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi ganda. peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan angket. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan Pancasila sila ke-3 (X1) terhadap pelaksanaan hidup rukun (Y). Selain itu, juga ada pengaruh yang signifikan antara penerapan materi Pendidikan Kewarganegaraan tentang hak (X2) terhadap pelaksanaan hidup rukun (Y). Sedangkan hasil akhirnya tidak ada pengaruh penerapan sila ke-3 (X1) dan materi pendidikan kewarganegaraan tentang hak di Sekolah (X2) terhadap pelaksanaan hidup rukun (Y) di kelas I A dan I B MI Ianatusshibyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2015-2016.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kewarganegaraan; Hidup rukun
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 323 Civil and political rights
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. M. Nur Hasan, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Dec 2016 05:27
Last Modified: 13 Dec 2016 05:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item