Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi shalat berjama’ah melalui penerapan metode modeling the way pada siswa kelas II MI Muhammadiyah Tedunan Gringsing Batang tahun pelajaran 2014/2015

Khoerodin, Khoerodin (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fiqih materi shalat berjama’ah melalui penerapan metode modeling the way pada siswa kelas II MI Muhammadiyah Tedunan Gringsing Batang tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi dari pengamatan peneliti di MI Muhammadiyah Tedunan khususnya kelas II, masih dijumpai siswa yang kurang menguasai dan memahami materi pelajaran Fiqih terutama kompetensi dasar menjelaskan tata cara shalat berjamaah, yang menyebabkan hasil belajarnya kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 7,0. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode modeling the way. Metode modeling the way adalah salah satu tipe model pembelajaran yang mendasarkan pada sebuah aktivitas atau praktik mengenai sebuah keterampilan atau pengetahuan yang dipelajari di kelas. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, Apakah penerapan modeling the way dalam pembelajaran Fiqih materi shalat berjamaah dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II MI Muhammadiyah Tedunan Gringsing Batang? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penerapan metode modeling the way dalam mata pelajaran fiqih kompetensi dasar menjelaskan tata cara shalat berjama’ah kelas II MI Muhammadiyah Tedunan Gringsing Batang dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Muhammadiyah Tedunan Gringsing Batang. Hal ini dapat dilihat pada nilai ketuntasan pra siklus 5 siswa atau 28%, pada siklus I ada 11 siswa atau 61%, dan pada siklus II ada 17 siswa atau 95%. ini menunjukkan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode modeling the way berhasil.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Shalat berjamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : H. Ridwan, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 Dec 2016 03:45
Last Modified: 19 Dec 2016 03:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6220

Actions (login required)

View Item View Item