Peningkatan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah melalui media kartu mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits siswa kelas I B MI Nyatnyono 02 Ungaran Barat tahun pelajaran 2015/2016

Mustofina, Mustofina (2016) Peningkatan kemampuan mengenal huruf Hijaiyah melalui media kartu mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits siswa kelas I B MI Nyatnyono 02 Ungaran Barat tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah melalui media kartu. Kajiannya dilatar belakangi: mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits adalah bagian dari upaya untuk mempersiapkan siswa agar sejak dini mampu memahami dan terampil melakasanakan serta mengamalkan isi kandungan al-Qur’an dan Hadits. Pada kenyataannya, masih banyak siswa MI Nyatnyono 02 Ungaran Barat Tahun 2015/1016 yang belum mampu menguasai mata pelajaran al-Qur’an dan Hadits, khususnya pada pokok bahasan mengenal huruf-huruf hijaiyah. Studi ini bermaksud menjawab permasalahan: (1) apakah pengunaan media kartu dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IB MI Nyatnyono 02 dalam mengenal huruf hijaiyah? Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus tahapannya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan demonstrasi. Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) kemampuan kelas IB dalam mengenal huruf hijaiyah masih rendah. Hal ini terlihat dari nilai ketuntasan anak-anak yang belum mencapai kriteria nilai ketuntasan yaitu 70%. Dari 21 siswa yang mencapai target ketuntasan ada 7 siswa atau 33%. (2) media kartu adalah media visual sederhana yang dibuat dari kertas berwarna warni yang bertuliskan Arab dan Latin. Cara penggunaan yaitu dengan index card match yaitu menjodohkan kartu yang bertuliskan Arab dan Latin. (3) setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media kartu dapat diketahui peningkatan keaktifan siswa serta peningkatan kemampuan siswa dalam mengenal huruf hijaiyah Hal tersebut dapat terlihat dalam proses pembelajaran yang mana keaktifan siswa hanya mencapai 33%. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas, pada siklus I mengalami peningkatan yaitu 57%. Pada siklus siklus II keaktifan siswa mengalami peningkatan mencapai 80%. Sedangkan data kemampuan siswa menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus peserta didik yang tuntas hanya 7 siswa atau 33% dari 21 siswa. Pada siklus I peserta didik yang tuntas menjadi 13 siswa atau 62% dari 21 siswa. Pada siklus II peserta didik yang tuntas 17 siswa atau 80%.Hasil yang dicapai pada siklus II merupakan bukti bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IB MI Nyatnyono 02 Ungaran Barat dalam mengenal huruf hijaiyah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Huruf Hijaiyah; Baca Tulis Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Lutfiah, M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:31
Last Modified: 23 Dec 2016 08:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item View Item