Peningkatan hasil belajar materi pokok haji melalui penerapan metode everyone is a teacher here kelas V MIN Sumurrejo Kota Semarang tahun 2015/2016

Choiriyyah, Siti (2016) Peningkatan hasil belajar materi pokok haji melalui penerapan metode everyone is a teacher here kelas V MIN Sumurrejo Kota Semarang tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf - Accepted Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV-V.pdf - Accepted Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peningkatan hasil belajar materi pokok Haji melaui penerapan metode Everyone Is A Teacher Here kelas V MIN Sumurrejo Kota Semarang, kajiannya dilatarbelakangi karena dalam proses pembelajaran Fikih terutama materi Haji siswa belum aktif mengikuti proses pembelajaran, siswa mengalami kejenuhan karena metode yang digunakan guru ceramah dan tanya jawab. Siswa mengalami kesulitan saat mengerjakan soal-soal yang diberikan guru dan nilainya masih banyak yang di bawah KKM 75. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Sumurrejo Kota Semarang tahun 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (a) kemampuan siswa kelas V MIN Sumurrejo Kota Semarang dalam materi Haji sebelum menggunakan metode Everyone Is A Teacher Here masih rendah, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus hanya mencapai 45%. (b) Nilai rata-rata pelajaran Fikih materi Haji siswa kelas V MIN Sumurrejo Kota Semarang pada siklus I meningkat menjadi 57,5%. Kemudian pada siklus II menjadi 92,5%. (c) Penggunaan metode Everyone Is A Teacher Here terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Kota Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketuntasan klasikal siswa pada siklus II yaitu 92,5% yang berarti melebihi ketuntasan klasikal sebanyak 80%. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan metode Everyone Is A Teacher Here pada siswa kelas V MIN Sumurrejo Kota Semarang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, berani bertanya dan hasil belajar mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Fikih; Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : H. Ridwan, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Dec 2016 04:12
Last Modified: 24 Dec 2016 04:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6236

Actions (login required)

View Item View Item