Implementasi promosi Islami di BMT NU Sejahtera Kendal

Wakidah, Nur (2016) Implementasi promosi Islami di BMT NU Sejahtera Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul Implementasi Promosi Islami di BMT NU Sejahtera Kendal ini dilatarbelakangi oleh pertanyaan tentang banyaknya perusahaan yang berlomba-lomba mempromosikan produknya dengan biaya yang besar. Hal ini tentunya juga tidak lepas dari seberapa besar pengaruh yang diberikan terhadap perkembangan perusahaan. Selain itu, timbul pertanyaan yaitu apakah kaidah-kaidah yang digunakan dalam promosi sudah sesuai dengan syari’at Islam atau belum. Oleh sebab itu, maka kemudian diadakan penelitian dalam kajian ilmiah terkait dengan implementasi promosi Islami di BMT NU Sejahtera Kendal. Penelitian ini disandarkan pada dua rumusan masalah, yakni tentang implementasi dan efektifitas promosi Islami di BMT NU Sejahtera Kendal. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan. Peneliti terjun kelapangan dan melakukan wawancara kepada 20 masyarakat Kecamatan Kendal. Data yang sudah terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impelementasi dari empat bauran promosi yang diteliti (personal selling, advertising, sales promotion, publicity) semuanya sudah sesuai dengan syari’at Islam (Islami), hanya saja terkadang pada praktiknya personal selling (pernjualan perorangan) mengandung unsur pemaksaan dalam berpromosi dari pihak (oknum) Bmt NU. Bahasan kedua yaitu dari sisi efektifitas yang menunjukkan bahwa pada dasarnya semua bauran promosi yang dilakukan oleh BMT NU Sejahtera Knedal semuanya sudah efektif, namun hanya ada satu dari empat bauran promosi yang dipandang paling efektif menurut penulis sebagai sarana promosi BMT NU Sejahtera Kendal yaitu publicity (publisitas) dilihat dari data BMT yang banyak berminat menjadi anggota BMT setelah mendengarkan ceramah dan paparan dari para guru, tokoh masyarakat, para ulama’ pada seminar atau masjlis ta’lim yang masyarakat ikuti. Peran tokoh masyarakat, para ulama’ sangat besar bagi perkembangan BMT NU Sejahtera Kendal karena Kabupaten Kendal merupakan daerah yang notabene masih kental dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan seperti pengajian, majelis ta’lim, jama’ah shalawat yang mayoritas menganut faham NU.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen promosi; Promosi Islami; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: H. Muhammad Saifullah, M. Ag.; Choirul Huda, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Mar 2017 05:57
Last Modified: 07 Mar 2017 05:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6507

Actions (login required)

View Item View Item