Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pasien berobat di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang

Rotsana, Farah Syakya (2016) Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pasien berobat di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mempengaruhi pola fikir dan pola konsumsi masyarakat dalam memilih produk maupun jasa. Akibatnya persaingan yang cukup kompetitif terjadi antar perusahaan, sehingga perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tepat agar tujuan perusahaan bisa dicapai secara maksimal. Rumah Sakit merupakan salah satu layanan yang penting untuk masyarakat. Rumah sakit harus merumuskan bauran pemasaran dengan tepat, oleh karena itu rumah sakit tidak dapat mengabaikan pendapat atau masukan dari para pasien. Dari sudut pandang pasien bauran pemasaran merupakan jalan keluar bagi masalah pasien, biaya yang harus dikeluarkan oleh pasien, memperoleh pelayanan yang menyenangkan, nyaman dan komunikasi yang baik dari rumah sakit terhadap pasien semua itu mejadi indikator pasien dalam pengambilan keputusan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan pasien berobat di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang? Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada pasien rawat inap Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang. Dalam penelitian ini teknik menggunakan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier berganda, analisis deskriptif variabel penelitian, uji asumsi klasik, dan uji hepotesa, sedangkan pengelolaan datanya menggunakan SPSS 19.00 for windows. Dari hail pengelolaan data penelitian diperoleh regresi linier berganda, Y = 13,610 + 0,225X1 + 0,410X2 + 0,233X3 – 0,326X4 + 0,273X5. Besarnya pengaruh produk, harga, lokasi, promosi, pelayanan terhadap keputusan pasien sebesar 52,5%. Dari hasil perhitungan secara silmutan diperoleh F hitung sebesar (19,046) dengan tingkat probabilitas yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut berarti secara silmutan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara produk, harga, lokasi, promosi, pelayanan terhadap keputusan pasien rawat inap di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Marketing mix; Pasien; Keputusan berobat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, MM.; H. Muhammad Fauzi, SE., MM.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:42
Last Modified: 14 Mar 2017 08:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item