Efektivitas Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mapel Fikih Kelas V Semester Ganjil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussibyan Kecamatan Genuk Kota semarang tahun 2012-2013

Ajmal, Lutvi (2013) Efektivitas Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mapel Fikih Kelas V Semester Ganjil di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussibyan Kecamatan Genuk Kota semarang tahun 2012-2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111082_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111082_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111082_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111082_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111082_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111082_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111082_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana efektivitas penggunaan metode Tanya Jawab dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik materi pokok menjelaskan manfaat makanan dan minuman yang halal khususnya pada mata pelajaran fikih kelas V semester ganjil di MI Miftahussibyan Kec genuk kota Semarang tahun 2012-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik materi pokok menjelaskan manfaat makanan dan minuman yang halal khususnya pada mata pelajaran fikih kelas V semester ganjil di MI Miftahussibyan Kec genuk kota Semarang tahun 2012-2013 dengan indikator efektivitas prestasi belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk true experimen design yaitu eksperimen yang berbentuk pretest-posttest control design. Pada bentuk ini tedapat dua kelompok. Pertama, kelompok eksperimen yaitu kelompok yang di pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran tanya jawab. Kedua, kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran tanya jawab. Pengunmpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi. Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hal ini ditunjukan dari hasil tes akhir (posttest)yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (V-A) adalah 81,684 dengan standar deviasi(S) 11,969. Semantara rata-rata nilai kelas kontrol (V-B) adalah 71,882 dengan standar deviasi(S) 10,719. Sehingga dari analisis data akhir menunjukkan bahwa diperolehthitungatau X2hitung¬ = 3,643 sedangkan ttabel = t(0,97) (70) = 1,99. Karena thitung> ttabelmaka signifikan dan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dengan demikian, maka hasilnya dapat dikemukakan bahwa : “adanya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diberikan pengajaran dengan menggunakanmetode Tanya Jawabdengan peserta didik yang diberikan pengajaran dengan model pembelajaran konvensional”. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para Mahasiswa, Para tenaga pengajar, Para peneliti dan Semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Tanya Jawab; Prestasi Belajar; Fikih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:07
Last Modified: 09 Dec 2013 06:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item