Analisis kompetensi profesional mahasiswa calon guru Kimia pada praktik pengalaman lapangan semester gasal Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang

Rakhmawati, Yogi (2016) Analisis kompetensi profesional mahasiswa calon guru Kimia pada praktik pengalaman lapangan semester gasal Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kompetensi profesional yang dimiliki mahasiswa calon guru kimia pada praktik pengalaman lapangan (PPL) semester gasal jurusan pendidikan kimia angkatan 2013 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMA/MA kota Semarang dan Kendal sejumlah 11sekolah tempat calon guru kimia peserta PPL ditugaskan. Responden penelitian adalah 31 calon guru kimia peserta PPL angkatan 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional calon guru kimia berdasarkan hasil analisis data observasi mendapatkan persen skor rata-rata 73,12% (kategori cukup), sedangkan hasil analisis data angket mendapatkan persen skor rata-rata 65,13% (kategori cukup). Kompetensi profesional calon guru kimia dalam menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran merupakan kompetensi yang paling dikuasai dengan memperoleh persen skor rata-rata 79,60% (kategori baik) dan didukung hasil angket dengan memperoleh persen skor rata-rata 73,39% (kategori cukup). Sedangkan dari hasil observasi kompetensi yang paling rendah adalah kompetensi dalam menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan dengan mendapatkan persen skor rata-rata 68,50% (kategori cukup), namun dari hasil analisis angket kompetensi yang paling rendah yaitu dalam menguasai TIK untuk mengembangkan diri dengan persen skor rata-rata 58,60% (kategori kurang).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi profesioanl; Mahasiswa; guru; Praktik kerja lapangan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.3 Beasiswa, PKL, PPL
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Additional Information: Pembimbing: Hj. Malikhatul hidayah, ST., M. Pd.; Mulyatun, M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 22 May 2017 07:26
Last Modified: 22 May 2017 07:26
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6877

Actions (login required)

View Item View Item