Analisis pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumtif santri di Pesantren Al-hikmah Tugurejo Semarang

Mahmudah, Atina Atiyatal (2017) Analisis pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumtif santri di Pesantren Al-hikmah Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aspek religiusitas santri di pesantren Al-Hikmah Tugurejo Semarang, Apakah aspek religiusitas seseorang berpengaruh terhadap perilaku konsumtifnya. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumtif santri di Pesantren Al-Hikmah Tugurejo Semarang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Sedangkan teknik pengambilan sample menggunakan teknik random sampling yang disebar kepada 119 responden. Item kuesioner terdiri dari 9 item pertanyaan religiusitas dan 20 pertanyaan perilaku konsumtif. Hasil pengujian menunjukkan validitas beberapa item kuesioner dapat disimpulkan bahwa rhitung keseluruhan indikator yang diuji bernilai positif dan lebih besar dari nilai rtabel mempunyai signifikansi <0,05. Sedangkan hasil reliabilitasnya menggunakan metode aplpha cronbach menghasilkan variabel x sebesar 0,716 dan variabel y sebesar 0,731 artinya memiliki koefisien alpha lebih besar daripada 0,60 menunjukkan bahwa tes tersebut acceptable. Hasil korelasi/hubungan (R) menunjukkan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 33,9% berarti bahwa variable x mampu mempengaruhi variable y sebesar 33,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain religiusitas. Nilai t hitung sebesar =3,633 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh variabel religiusitas (X) terhadap variabel perilaku konsumtif (Y).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorEl Junusi, RahmanUNSPECIFIED
Thesis advisorFauzi, MuchamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumen; Santri; Pondok Pesantren
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Additional Information: Pembimbing: Rahman El Junusi, SE., MM.; H. Muchamad Fauzi, SE., MM.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 10 Oct 2017 04:05
Last Modified: 10 Oct 2017 04:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7352

Actions (login required)

View Item View Item