Analisis pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumtif santri di Pesantren Al-hikmah Tugurejo Semarang
Mahmudah, Atina Atiyatal (2017) Analisis pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumtif santri di Pesantren Al-hikmah Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (994kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (268kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (523kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (92kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (97kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aspek religiusitas santri di pesantren Al-Hikmah Tugurejo Semarang, Apakah aspek religiusitas seseorang berpengaruh terhadap perilaku konsumtifnya. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumtif santri di Pesantren Al-Hikmah Tugurejo Semarang.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Sedangkan teknik pengambilan sample menggunakan teknik random sampling yang disebar kepada 119 responden. Item kuesioner terdiri dari 9 item pertanyaan religiusitas dan 20 pertanyaan perilaku konsumtif.
Hasil pengujian menunjukkan validitas beberapa item kuesioner dapat disimpulkan bahwa rhitung keseluruhan indikator yang diuji bernilai positif dan lebih besar dari nilai rtabel mempunyai signifikansi <0,05. Sedangkan hasil reliabilitasnya menggunakan metode aplpha cronbach menghasilkan variabel x sebesar 0,716 dan variabel y sebesar 0,731 artinya memiliki koefisien alpha lebih besar daripada 0,60 menunjukkan bahwa tes tersebut acceptable.
Hasil korelasi/hubungan (R) menunjukkan bahwa pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 33,9% berarti bahwa variable x mampu mempengaruhi variable y sebesar 33,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain religiusitas. Nilai t hitung sebesar =3,633 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh variabel religiusitas (X) terhadap variabel perilaku konsumtif (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku konsumen; Santri; Pondok pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 04:05 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 13:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7352 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year