Inayah, Titik (2017) Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual aids (AVA) terhadap hasil belajar kompetensi dasar memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada pokok bahasan PAI dan Budi Pekerti di kelas X semester 2 SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
|
Text
COVER.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Accepted Version Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Accepted Version Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version Download (939kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf - Accepted Version Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pemanfaatan teknologi, khususnya pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran Audio Visual Aids (AVA) dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 5 Semarang? (2) Bagaimana hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa SMA Negeri 5 Semarang pada kompetensi dasar memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah di kelas X semester 2 SMA Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh antara penggunaan media pembelajaran Audio Visual Aids (AVA) terhadap hasil belajar kompetensi dasar memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada pokok bahasan PAI dan Budi Pekerti di kelas X semester 2 SMA Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Subyek penelitian sebanyak 186 responden, menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan: metode angket, metode tes dan metode observasi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: setelah melakukan uji coba angket variabel X berjumlah 25 item soal dan variabel Y berjumlah 7 item soal, diperoleh 20 soal angket variabel X dan 5 item soal variabel Y yang dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Ŷ = , hasil uji signifikansi pada taraf kesalahan 5% dengan dk pembilang = 1, dk penyebut = 184 diperoleh Fhitung = dan Ftabel = 3,89. Fhitung > Ftabel berarti model regresi tersebut signifikan. Hasil uji linieritas pada taraf kesalahan 5% dengan dk pembilang = 22, dk penyebut = 162 diperoleh Fhitung= 1,397 dan Ftabel = 1,608. Fhitung< Ftabel berarti model regresi linier. Koefisien korelasi menghasilkan 0,864. Pada taraf kesalahan 5% dengan dk = n – 2 = 186 - 2 = 184 diperoleh rtabel = 0,144. rhitung = 0,864 > rtabel = 0,144 berarti koefisien korelasi signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan semakin tinggi penggunaan media pembelajaran peserta didik maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Hasil belajar; Pendidikan Islam | |||||||||
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Karnadi, M. Pd.; Dr. Lift Anis Ma’shumah, M.Ag. | |||||||||
Depositing User: | Nur Rohmah | |||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2017 02:00 | |||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2017 02:00 | |||||||||
URI: | http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7448 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |