Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual aids (AVA) terhadap hasil belajar kompetensi dasar memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada pokok bahasan PAI dan Budi Pekerti di kelas X semester 2 SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Inayah, Titik (2017) Pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual aids (AVA) terhadap hasil belajar kompetensi dasar memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada pokok bahasan PAI dan Budi Pekerti di kelas X semester 2 SMA Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (433kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (730kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (586kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (939kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (335kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (234kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pemanfaatan teknologi, khususnya pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran Audio Visual Aids (AVA) dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 5 Semarang? (2) Bagaimana hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa SMA Negeri 5 Semarang pada kompetensi dasar memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah di kelas X semester 2 SMA Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Adakah pengaruh antara penggunaan media pembelajaran Audio Visual Aids (AVA) terhadap hasil belajar kompetensi dasar memahami substansi dan strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah pada pokok bahasan PAI dan Budi Pekerti di kelas X semester 2 SMA Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016?
Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Subyek penelitian sebanyak 186 responden, menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan: metode angket, metode tes dan metode observasi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: setelah melakukan uji coba angket variabel X berjumlah 25 item soal dan variabel Y berjumlah 7 item soal, diperoleh 20 soal angket variabel X dan 5 item soal variabel Y yang dinyatakan valid dan reliabel.
Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Ŷ = , hasil uji signifikansi pada taraf kesalahan 5% dengan dk pembilang = 1, dk penyebut = 184 diperoleh Fhitung = dan Ftabel = 3,89. Fhitung > Ftabel berarti model regresi tersebut signifikan. Hasil uji linieritas pada taraf kesalahan 5% dengan dk pembilang = 22, dk penyebut = 162 diperoleh Fhitung= 1,397 dan Ftabel = 1,608. Fhitung< Ftabel berarti model regresi linier. Koefisien korelasi menghasilkan 0,864. Pada taraf kesalahan 5% dengan dk = n – 2 = 186 - 2 = 184 diperoleh rtabel = 0,144. rhitung = 0,864 > rtabel = 0,144 berarti koefisien korelasi signifikan. Oleh karena itu dapat disimpulkan semakin tinggi penggunaan media pembelajaran peserta didik maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapainya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Hasil belajar; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 02:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7448 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year