Analisis implementasi full day school dalam upaya membentuk akhlak karimah siswa di SMP IT Permata Bunda Mranggen Demak

Mu’minah, Mu’minah (2017) Analisis implementasi full day school dalam upaya membentuk akhlak karimah siswa di SMP IT Permata Bunda Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembentukkan akhlak karimah bagi siswa merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh semua pihak sekolah, baik melalui pembiasaan, pembinaan maupun kegiatan positif lainnya dengan dilakukan secara terus-menerus. Oleh karena itu, dengan adanya hal tersebut perlu adanya penambahan jam pelajaran di dalam maupun di luar sekolah (full day school). Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu bagaimana latar belakang, implementasi dan dampak dari kebijakan full day school di SMP IT Permata Bunda Mranggen Demak. Jenis penelitian kualitatif lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskripstif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) latar belakang kebijakan full day school di SMP IT Permata Bunda Mranggen Demak yaitu: Adanya kekhawatiran orang tua siswa akan pergaulan yang kurang baik di luar sekolah serta kurikulum khas SMP IT Permata Bunda yang mata pelajarannya lebih banyak daripada sekolah umum sehingga perlunya penambahan jam pelajaran 2) implementasi kebijakan full day school dalam upaya membentuk akhlak karimah siswa meliputi pembiasaan shalat dhuha, shalat dhuhur dan ashar berjamaah, dzikir, tahfidz, BTQ dan kegiatan ekstrakurikuler,3) dampak dari kebijakan full day school yaitu siswa disiplin dalam beribadah, siswa dapat berkata sopan, menghargai dan menghormati orang tua, guru, bersikap ramah serta pengetahuan dan wawasan siswa meningkat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFatkuroji, FatkurojiUNSPECIFIED
Thesis advisorIkhrom, IkhromUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Full day school
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Additional Information: Pembimbing : Dr. Fatkuroji, M. Pd.; Dr. H. Ikhrom, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Nov 2017 04:55
Last Modified: 06 Nov 2017 04:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7483

Actions (login required)

View Item View Item