Reinventing pedagogy pesantren : upaya rekontruksi ilmu pendidikan Nusantara

Ma'arif, Syamsul (2015) Reinventing pedagogy pesantren : upaya rekontruksi ilmu pendidikan Nusantara. Research report (Laporan penelitian). LP2M UIN Walisongo, Semarang.

[img]
Preview
Text
Reinventing_Pedagogy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pesantren perlu mempraktikkan pendidikan anti-radikalisme, menolak setiap metode pembelajaran yang bersifat doktrinal, monolog dan dipenuhi muatan formalitas dan cenderung menolak realitas yang plural. Dengan mempertimbangkan realitas masyarakat Indonesia yang multikultural, maka pesantren perlu direalisasikan pesantren yang bersifat multikultural untuk mengakomodasi kekayaan budaya bangsa. Menumbuhkan pemahaman santri dan masyarakat terhadap nilai-nilai pluralitas yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara. Sekaligus membawa hubungan antar manusia dan antar agama untuk tetap harmonis tanpa ada konfrontasi dan hal-hal yang memunculkan radikalisme dan ekslusivisme.

[error in script]
Item Type: Monograph (Research report (Laporan penelitian))
Uncontrolled Keywords: Pesantren; Pedagogy; Ilmu pendidikan Nusantara
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:47
Last Modified: 08 Nov 2017 07:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7494

Actions (login required)

View Item View Item