Manajemen kegiatan keagamaan di masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semarang

Anwar, Ahmad (2015) Manajemen kegiatan keagamaan di masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
135112002_awal.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
135112002_bab1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
135112002_bab2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (535kB) | Preview
[img] Text
135112002_bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (32kB)
[img] Text
135112002_bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
135112002_bab5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
135112002_bibliografi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22kB) | Preview

Abstract

Moral remaja saat ini sedang mengalami kemrosotan, banyak tawuran para pelajar, mengkonsumsi narkoba, hamil di luar nikah, begal, dan lain sebagainya. Hal ini merupakan persoalan serius yang harus segera diatasi. Di sekolah banyak sarana yang dapat digunakan untuk membina moral siswa menuju ke arah yang positif, diantaranya adalah masjid. Masjid dapat dijadikan sarana untuk membina dan mendidik serta menanamkan nilai-nilai keislaman peserta didik. Guru PAI dipandang orang yang paling bertanggung jawab atas pemberdayaan masjid di sekolah. Masjid berfungsi atau tidak tergantung bagaimana guru PAI dalam memberdayakannya. Masjid di sekolah kalau dikelola dengan baik maka hati siswa akan terpaut dengan masjid. kalau hati siswa sudah terpaut dengan masjid maka akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di masjid, sedangkan kegiatan di masjid akan memberikan manfaat yang banyak. Manfaat-manfaat tersebut adalah tertananamnya nilai-nilai keislaman pada diri siswa. Nilai-nilai keislaman meliputi, kedisiplinan, kejujuran, persatuan, kebersamaan, kreatifitas, dan lain sebagainya. Berdasarkan uraian tersebut mengenai pentingnya untuk memberdayakan masjid maka peneliti meneliti dengan tema manajemen kegiatan masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di SMP N 1 Semarang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan kegiatan masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di SMP N 1 Semarang ? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di SMP N 1 Semarang ? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di SMP N 1 Semarang ?. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perencanaan kegiatan masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di SMP N 1 Semarang. 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan kegiatan masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di SMP N 1 Semarang. 3) untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana evaluasi kegiatan masjid sebagai sarana internalisasi nilai-nilai keislaman di SMP N 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan tersebut penulis mendapatkan gambaran yang obyektif, faktual, akurat, dan sistematis, mengenai masalah-masalah yang ada pada obyek penelitian. Pengumpulan data ini menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Kemudian hasil penelitian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir menarik kesimpulan. Kesimpulan dari tesis ini adalah dengan pemberdayaan masjid yang dikelola oleh guru PAI dapat menginternalisasikan nilai-nilai keislaman siswa di SMP negeri 1 Semarang. Pemberdayaan masjid melalui kegiatan harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan pembelajaran keagamaan. Sedangkan nilai-nilai keislaman yang diperoleh siswa adalah nilai disiplin, persatuan, kebersamaan, kreatifitas, percaya diri, dan nilai-nilai keislamaan yang lainnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorUhbiyati, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kegiatan keagamaan; Nilai keislaman; Manajemen masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Nov 2017 08:24
Last Modified: 27 Nov 2017 08:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7515

Actions (login required)

View Item View Item