Pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi sifat bangun datar siswa kelas III MI Nurul Islam Semarang tahun ajaran 2016/ 2017

Zulastri, Zulastri (2017) Pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi sifat bangun datar siswa kelas III MI Nurul Islam Semarang tahun ajaran 2016/ 2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi sifat bangun datar siswa kelas III MI Nurul Islam Semarang tahun ajaran 2016/ 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi sifat bangun datar, yang biasanya guru langsung memberikan informasi tentang sifat- sifat bangun datar tanpa menyuruh siswa untuk menemukan sendiri dan kurangnya keaktifan dalam pembelajaran. Skripsi ini memiliki tujuan, yaitu: untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi sifat bangun datar kelas III MI Nurul Islam Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A, B, C MI Nurul Islam Semarang, sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas IIIA sebagai kelompok kontrol, kelas III C kelompok eksperimen yang ditentukan dengan cara acak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes, observasi dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang akan menjawab permasalahan yang diangkat oleh peneliti, yaitu: apakah ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika materi sifat bangun datar kelas III MI Nurul Islam Semarang. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan membandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan rata–rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung = 2,096 dan t tabel = 1,676. Karena thitung > ttabel dengan dk 49 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional (ceramah). Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning (kelas eksperimen) sebesar 77,25 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) sebesar 69,33. Dari penguji hipotesis dan nilai rata-rata kedua kelas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi sifat bangun datar sederhana kelas III MI Nurul Islam Semarang. Simpulan ini semoga dapat bermanfaat bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan bermanfaat untuk siswa dalam kegiatan proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRomadiastri, YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Discovery learning; Pembelajaran Matematika; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:02
Last Modified: 25 Apr 2018 07:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7640

Actions (login required)

View Item View Item