Pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun ajaran 2016/2017

Wahyuni, Dwi (2017) Pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi bahwa seringkali pembelajaran IPA masih konvensial. Guru menemukan kebuntuan menunjukkan gambaran konkret dalam penyampaian beberapa materi kepada peserta didik. Hal itu berdampak terhadap rendahnya pencapaian hasil belajar. Media Fotonovela merupakan media yang berbentuk foto konkret disertai serangkaian cerita singkat. Permasalahan: Apakah Penggunaaan Media Fotonovela Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pengaruh Bentuk Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari Kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan media Fotonovela dan kelas kontrol tidak menggunakan media Fotonovela. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung= 3,774 sedangkan t tabel= 1,679. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan media Fotonovela lebih baik dari peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan tidak menggunakan media Fotonovela. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (Media Fotonovela) = 86, 81 dan kelas kontrol = 74, 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran media Fotonovela pada mata pelajaran IPA materi pengaruh bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari kelas III SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorLianah, LianahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Fotonovela; Hasil belajar; Pembelajaran sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:33
Last Modified: 26 Apr 2018 02:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7655

Actions (login required)

View Item View Item