Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah statistika pada peserta didik kelas VII 6 di MTs Negeri Sumber Rembang tahun pelajaran 2015/2016

Ahmalia, Ita NUrul (2017) Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah statistika pada peserta didik kelas VII 6 di MTs Negeri Sumber Rembang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
ITA NURUL AHMALIA___123511040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah Statistika karena Statistika menuntut peserta didik untuk dapat menyatakan suatu peristiwa yang ada ke dalam bahasa atau simbol matematika dan mengubah informasi ke dalam bentuk tabel dan diagram dan sebaliknya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII 6 pada materi statistika di MTs Negeri Sumber Rembang tahun pelajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan pemecahan masalah. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.6 MTs Negeri Sumber yang mana pengambilan subjeknya dilakukan dengan cara purposive sampling yang dipilih berdasarkan tujuan yang hendak dicapai. Data dalam penelitian ini berupa hasil pekerjaan peserta didik pada tes tertulis tentang kemampuan komunikasi matematis dan hasil wawancara terhadap subjek penelitian. Kemampuan komunikasi matematis yang diteliti difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis tertulis. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian meliputi 2 teknik, yaitu tes dan wawancara. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Data penelitan yang terkumpul dianalisis dengan analisis data non statistik yang terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat 5 peserta didik yang berada pada level 0 atau sangat kurang baik. 2) 24 peserta didik berada pada level 1 atau kurang baik. 3) 6 peserta didik berada pada level 2 atau cukup baik. 4) Tidak ada peserta didik yang berhasil mencapai level 3 atau baik dan level 4 atau sangat baik. Penelitian ini diharapkan dapat memacu individu lain untuk melakukan penelitian yang lebih luas dan mendalam tentang kemampuan komunikasi matematis. viii

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMaslihah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorCahyono, BudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Statistika; Pendidikan matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 17 May 2018 07:40
Last Modified: 17 May 2018 07:40
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7812

Actions (login required)

View Item View Item