Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah statistika pada peserta didik kelas VII 6 di MTs Negeri Sumber Rembang tahun pelajaran 2015/2016

Ahmalia, Ita NUrul (2017) Analisis kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah statistika pada peserta didik kelas VII 6 di MTs Negeri Sumber Rembang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of ITA NURUL AHMALIA___123511040.pdf]
Preview
Text
ITA NURUL AHMALIA___123511040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan dalam
menyelesaikan masalah Statistika karena Statistika menuntut peserta
didik untuk dapat menyatakan suatu peristiwa yang ada ke dalam
bahasa atau simbol matematika dan mengubah informasi ke dalam
bentuk tabel dan diagram dan sebaliknya. Penelitian ini dimaksudkan
untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis
peserta didik kelas VII 6 pada materi statistika di MTs Negeri Sumber
Rembang tahun pelajaran 2015/2016 dalam menyelesaikan
pemecahan masalah. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas VII.6 MTs Negeri Sumber yang mana pengambilan
subjeknya dilakukan dengan cara purposive sampling yang dipilih
berdasarkan tujuan yang hendak dicapai. Data dalam penelitian ini
berupa hasil pekerjaan peserta didik pada tes tertulis tentang
kemampuan komunikasi matematis dan hasil wawancara terhadap
subjek penelitian. Kemampuan komunikasi matematis yang diteliti
difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis tertulis. Teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian meliputi 2
teknik, yaitu tes dan wawancara. Uji keabsahan data yang digunakan
adalah triangulasi metode. Data penelitan yang terkumpul dianalisis
dengan analisis data non statistik yang terdiri dari tiga alur, yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi
data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat 5 peserta didik
yang berada pada level 0 atau sangat kurang baik. 2) 24 peserta didik
berada pada level 1 atau kurang baik. 3) 6 peserta didik berada pada
level 2 atau cukup baik. 4) Tidak ada peserta didik yang berhasil
mencapai level 3 atau baik dan level 4 atau sangat baik. Penelitian ini
diharapkan dapat memacu individu lain untuk melakukan penelitian
yang lebih luas dan mendalam tentang kemampuan komunikasi
matematis.
viii

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis; Statistika; Pendidikan matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 17 May 2018 07:40
Last Modified: 17 May 2018 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7812

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics