Efektivitas model pembelajaran connecting organizing reflecting extending (CORE) berbantu Macromedia Flash terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik MTs Khozinatul Ulum Todanan

Diah Andriani, Siti (2017) Efektivitas model pembelajaran connecting organizing reflecting extending (CORE) berbantu Macromedia Flash terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik MTs Khozinatul Ulum Todanan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
burning full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (37MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang ada di MTs. Khozinatul Ulum Todanan masih menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis kemampuan penalaran matematis pada ulangan materi dalil phytagoras, diketahui bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik MTs. Khozinatul Ulum kelas VIII masih rendah. Untuk itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbantu macromedia flash efektif terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII MTs. Khozinatul Ulum Todanan pada materi lingkaran? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain eksperimen Posttest-Only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs. Khozinatul Ulum yang terdiri dari 2 kelas. Sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik sampling jenuh, dengan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh = 5,07114 dan = 1,67943 pada taraf signifikasi 5% dan dk = 45. Karena maka terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada kedua kelas tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa model CORE efektif terhadap kemampuan penalaran matematis materi lingkaran kelas VIII MTs. Khozinatul Ulum Todanan tahun pelajaran 2016/2017.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSiswanah, EmyUNSPECIFIED
Thesis advisorFitriah, AiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penalaran matematis; Media pembelajaran; Model pembelajaran; Macomedia Flash
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 23 May 2018 09:13
Last Modified: 23 May 2018 09:13
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7825

Actions (login required)

View Item View Item