Efektivitas model pembelajaran connecting organizing reflecting extending (CORE) berbantu Macromedia Flash terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik MTs Khozinatul Ulum Todanan

Diah Andriani, Siti (2017) Efektivitas model pembelajaran connecting organizing reflecting extending (CORE) berbantu Macromedia Flash terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik MTs Khozinatul Ulum Todanan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of burning full.pdf]
Preview
Text
burning full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (37MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang ada di MTs. Khozinatul Ulum Todanan
masih menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan
hasil analisis kemampuan penalaran matematis pada ulangan
materi dalil phytagoras, diketahui bahwa kemampuan penalaran
matematis peserta didik MTs. Khozinatul Ulum kelas VIII masih
rendah. Untuk itu rumusan masalah pada penelitian ini adalah
apakah model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE)
berbantu macromedia flash efektif terhadap kemampuan
penalaran matematis peserta didik kelas VIII MTs. Khozinatul
Ulum Todanan pada materi lingkaran?
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan
bentuk desain eksperimen Posttest-Only control design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs.
Khozinatul Ulum yang terdiri dari 2 kelas. Sehingga penelitian ini
termasuk penelitian populasi. Pengambilan sampel dilakukan
dengan tehnik sampling jenuh, dengan kelas VIIIA sebagai kelas
kontrol dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode
dokumentasi, dan metode wawancara.
Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh
= 5,07114 dan = 1,67943 pada taraf signifikasi 5%
dan dk = 45. Karena maka terdapat perbedaan
rata-rata hasil belajar pada kedua kelas tersebut. Jadi, dapat
dikatakan bahwa model CORE efektif terhadap kemampuan
penalaran matematis materi lingkaran kelas VIII MTs. Khozinatul
Ulum Todanan tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penalaran matematis; Media pembelajaran; Model pembelajaran; Macomedia Flash
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 23 May 2018 09:13
Last Modified: 23 May 2018 09:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7825

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics