Analisis kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 31 Semarang pada materi perbandingan

Astridayani, Amelinda (2017) Analisis kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 31 Semarang pada materi perbandingan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133511092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berisi tentang deskripsi kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VII F SMP Negeri 31 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak kajian literatur yang mengungkapkan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik masih rendah. Sedangkan kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik untuk memahami matematika secara terintegrasi dengan berbagai konsep-konsep yang ada di dalamnya. Tanpa adanya kemampuan koneksi matematis, peserta didik akan kesulitan dalam mempelajari matematika. Permasalahan kesulitan belajar matematika juga ditemukan penulis di kelas VII F SMP Negeri 31 Semarang melalui hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Matematika yang mengampu di kelas tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis yang merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII F dengan cara purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah dua peserta didik yang masing-masing mewakili setiap kategori kemampuan koneksi matematis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Beberapa peserta didik hanya mampu memahami hubungan antar konsep dalam satu materi matematika untuk menuliskan yang diketahui dalam soal, namun tidak sampai pada perhitungan untuk menyelesaikan soal, (2) Beberapa peserta didik tidak dapat menggunakan kembali konsep yang telah dipelajari sebelumnya karena lupa atau pemahamannya pada materi tersebut kurang sempurna, (3) Beberapa peserta didik yang tidak dapat menghubungkan antar konsep yang ada, memilih menggunakan cara manual untuk menyelesaikan masalah, dan (4) Beberapa peserta didik memahami konsep dalam matematika, namun tidak dapat menghubungkannya dengan bidang lain di luar matematika, sebaliknya terdapat juga peserta didik yang memahami konsep di luar bidang matematika, namun tidak dapat menghubungkannya dengan konsep dalam matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSaminanto, SaminantoUNSPECIFIED
Thesis advisorMaslihah, SitiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis; Perbandingan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:10
Last Modified: 25 May 2018 08:10
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7830

Actions (login required)

View Item View Item