Efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017

Harisa, Nabila (2017) Efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911093.pdf]
Preview
Text
133911093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA yang menggunakan pembelajaran metode konvensional menyebabkan peserta didik menjadi pasif, karena guru hanya menjelaskan materi kemudian peserta didik mendengarkannya, setelah itu guru memberi tugas dan peserta didik mengerjakan di rumah. Dengan metode tersebut membuat peserta didik kurang aktif di kelas, padahal pada pembelajaran IPA peserta didik harus bisa memahami materi dengan baik dan bisa mengaplikasikannya pada kehidupannya. Tidak hanya pasif saja, pembelajaran seperti ini juga menyebabkan peserta didik merasa cepat bosan, serta kurangnya minat belajar peserta didik. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam kelas IV di MI Salafiyah Kauman Wiradesa.
Penulisan ini merupakan penulisan jenis kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Salafiyah Kauman Wiradesa. Subjek Penulisan ini adalah peserta didik kelas IVA dengan jumlah 30 peserta didik dan kelas IVB dengan jumlah 29 peserta didik. Kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penulisan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil uji hipotesis data keaktifan belajar peserta didik, menunjukan bahwa thitung sebesar 6,00 dan ttabel sebesar 2,00 (thitung > ttabel). Dengan kata lain, keaktifan belajar peserta didik menggunakan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick lebih baik dari pada keaktifan belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk minat belajar peserta didik menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,90 dan ttabel sebesar 2,00 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa minat belajar peserta didik menggunakan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick lebih baik dari pada minat belajar peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis saintifik dengan model talking stick terbukti efektif terhadap keaktifan dan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar; Minat Belajar; Pembelajaran Berbasis Saintifik; Talking Stick; Model pembelajaran; Pembelajaran IPA; Pembelajaran sains; Sumber Daya Alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:37
Last Modified: 05 Jun 2021 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8279

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics