Kepuasan layanan pendidikan anak tunagrahita ringan di SLBN Semarang

Kuntariatun, Kuntariatun (2017) Kepuasan layanan pendidikan anak tunagrahita ringan di SLBN Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133311073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah faktor terpenting untuk mengetahui mutu sebuah lembaga pendidikan. Skripsi kepuasan layanan pendidikan anak tunagrahita ringan di SLBN Semarang dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah tingkat kepuasan layanan pendidikan anak tunagrahita ringan di SLBN Semarang (2) Bagaimana strategi meningkatkan kepuasan layanan pendidikan anak tunagrahita ringan di SLBN Semarang?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan analisis tingkat kepentingan- kinerja (importance performance analysis) dari John A. Martila dan John C. James. Kajian ini menunjukkan: 1. Penilaian kenyataan pada layanan sarana prasarana, layanan pengelolaan, layanan pembelajaran, dan layanan aspek kompetensi lulusan berada pada interval 3, 40- 4,20 (memuaskan), dan layanan pendidik dan tenaga administrasi sekolah pada interval 4,20-5,00 (sangat memuaskan), sedangkan penilaian harapan pada lima aspek layanan berada pada interval 4, 20- 5,00 (sangat penting). Rata-rata penilaian kenyataan pada lima aspek layanan berada pada interval 3,40-4,20 (memuaskan) dan penilaian harapan pada interval 4, 20- 5,00 (sangat penting). Disimpulkan,(1) kenyataan layanan sarana prasarana, layanan pengelolaan, layanan pembelajaran, dan layanan aspek kompetensi lulusan memuaskan, sedangkan layanan pendidik dan tenaga administrasi sekolah sangat memuaskan. (2) Penilaian harapan pada masing-masing layanan sangat penting. Dengan demikian, hendaknya sekolah mempertahankan layanan pendidik dan tenaga adminitrasi sekolah dan mengembangkan layanan yang lain, membina kerjasama lebih baik dengan komite sekolah, dan mengadakan survei kepuasan pelanggan secara rutin.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMusthofa, MusthofaUNSPECIFIED
Thesis advisorSyukur, FatahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Orang Tua; Anak tunagrahita; Layanan Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Sep 2018 06:59
Last Modified: 28 Sep 2018 06:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8333

Actions (login required)

View Item View Item