Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi medan magnetik, perkembangan teori atom dan relativitas untuk peserta didik kelas XII SMA/MA

Huda, Imam Nur (2018) Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi medan magnetik, perkembangan teori atom dan relativitas untuk peserta didik kelas XII SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya media pembelajaran fisika khususnya modul fisika memuat materi fisika yang diintegrasikan dengan islam pada Sekolah Menengah Atas (SMA) berbasiskan islam maupun Madrasah Aliyah (MA) di Mranggen Demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penyusunan modul fisika berbasis integrasi islam dan sains untuk peserta didik kelas XII SMA/MA dan mengetahui kelayakan modul fisika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dibatasi sampai dengan tahap validasi ahli. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan modul fisika yaitu menggunakan skala Likert dengan lima kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Hasil penilaian menunjukkan bahwa Modul fisika ini layak digunakan dengan kategori sangat baik (SB). Hal ini didasarkan pada jumlah rerata skor dan persentase kelayakan modul untuk ahli materi skor sebesar 3,6 dengan persentase kelayakan 71,74%, untuk ahli media skor sebesar 4,3 dengan persentase kelayakan 87%, dan guru fisika skor 4,2 persentase kelayakan 83%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSholeh, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorKumila, Beunik NiskaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Buku ajar; Fisika; Integrasi Sains dan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:22
Last Modified: 10 Oct 2018 04:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8438

Actions (login required)

View Item View Item