Pengaruh penggunaan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII materi cahaya di MTs Miftahul Falah Talun Kec. Kayen Kab. Pati

Khusna, Alvi Kholidatul (2018) Pengaruh penggunaan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII materi cahaya di MTs Miftahul Falah Talun Kec. Kayen Kab. Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah Talun Kec. Kayen Kab. Pati cenderung pasif, menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa tidak maksimal. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya bahan ajar yang berkaitan dengan lingkungan siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII materi cahaya di MTs Miftahul Falah Kec. Kayen kab. Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Bentuk desain yang digunakan adalah true experimental design dengan metode posttest only control design, sehingga dalam penentuan sampel penelitian tidak dipilih secara acak tetapi semua populasi dijadikan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Miftahul Falah tahun pelajaran 2016/2017 dengan melibatkan sampel sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Dokumentasi dari nilai ulangan harian fisika materi bunyi digunakan untuk uji homogenitas dan uji normalitas sampel, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil perhitungan regresi antara bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis menunjukkan perolehan nilai signifikansi yaitu 33,152>5,53 yang berarti dapat membuktikan hipotesis bahwa penggunaan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran fisika materi cahaya. Penolakan Ho dan penerimaan Ha dapat dibuktikan karena penggunaan analisis regresi pada uji statistik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi cahaya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFadlan, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorFaqih, IzzatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Fisika; Kearifan Lokal; Berpikir Kritis; Cahaya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and paraphotic phenomena
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:19
Last Modified: 12 Oct 2018 08:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8447

Actions (login required)

View Item View Item