Analisis kemampuan menulis matematis siswa pada materi segiempat kelas VII SMP N 1 Mayong tahun ajaran 2016/2017

Khoirunnisa’, Melinda (2017) Analisis kemampuan menulis matematis siswa pada materi segiempat kelas VII SMP N 1 Mayong tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
Lampiran Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Melalui aktivitas menulis kegiatan pembelajaran dapat terlihat lebih nyata, ide-ide atau gagasan siswa didokumentasikan dalam bentuk file dan tulisan-tulisan siswa dapat dijadikan sebagai evaluasi. Menulis matematis dapat digunakan sebagai sarana untuk melatih siswa mengungkapkan gagasan matematis secara tertulis, sehingga melalui tugas menulis matematis guru dapat mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah dipelajari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis matematis siswa pada materi segiempat kelas VII A SMP N 1 Mayong khususnya persegi dan persegi panjang. Pada penelitian ini diambil 6 subyek sebagai subyek wawancara yang merupakan perwakilan dari 3 kelompok, yaitu kelompok atas, tengah, dan bawah yang ditentukan berdasarkan perhitungan dari hasil tes. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan menulis matematis siswa pada aspek written text belum sempurna karena ada indikator-indikator yang terdapat pada aspek written text yang tidak terpenuhi. Kelompok atas dan kelompok tengah tidak memenuhi satu indikator yaitu siswa tidak menggunakan simbol-simbol matematika yang diperlukan dalam meyelesaikan soal, sedangkan kelompok bawah tidak memenuhi ketiga indikator dari aspek written text. Kemampuan menulis matematis siswa pada aspek drawing sudah sempurna karena baik kelompok atas, tengah maupun bawah sudah memenuhi indikator yang terdapat pada aspek drawing. Aspek mathematical expression yang dimiliki siswa pada kemampuan menulis matematis kurang sempurna karena hanya siswa dari kelompok atas yang memenuhi indikator-indikator dari aspek mathematical expression, sedangkan subyek dari kelompok tengah dan kelompok bawah hanya satu indikator yang terpenuhi yaitu siswa mampu menuliskan rumus maupun persamaan matematika yang diperlukan dalam menyelesaikan soal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMaslihah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorTsani, Dyan FalasifaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis matematis; Segiempat; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Nov 2018 07:46
Last Modified: 30 Nov 2018 07:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8636

Actions (login required)

View Item View Item