Efektivitas model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) berbantuan modul dan LKS terhadap penalaran matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Fatahillah Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Elmila, Fiyya (2017) Efektivitas model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI) berbantuan modul dan LKS terhadap penalaran matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Fatahillah Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi Fiyya Elmila 133511071.pdf]
Preview
Text
Skripsi Fiyya Elmila 133511071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Berbantuan Modul dan LKS Terhadap Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII MTs Fatahillah Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MTs Fatahillah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Selanjutnya dipilih kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Kemudian, kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan modul dan LKS sedangkan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Selanjutnya diuji normalitas, homogenitas, perbedaan rata-rata dan uji peningkatan penalaran matematis. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 3,718 sedangkan ttabel = 1,715. Karena thitung > ttabel maka rata-rata penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) berbantuan media benda konkret terhadap penalaran matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Fatahillah tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Aptitude Treatment Interaction; Penalaran matematis; Kubus dan balok; Modul pembelajaran; LKS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Nov 2018 07:51
Last Modified: 30 Nov 2018 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics