Pengembangan modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi pokok aritmetika sosial peserta didik kelas VII MTs N Brangsong Kendal

Minan, Moch. Asyroful (2017) Pengembangan modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi pokok aritmetika sosial peserta didik kelas VII MTs N Brangsong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Moch. Asyroful Minan 133511054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi karena modul yang bisa digunakan peserta didik di dalam kelas maupun di luar kelas sangat penting. Ditambah peserta didik kelas VII MTs N Brangsong membutuhkan modul yang bernuansa Islami. Sehingga, peneliti mengembangkan modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi aritmetika sosial kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi pokok aritmetika sosial yang valid dan efektif untuk membantu peserta didik meningkatkan hasil belajar dan sikap spiritual peserta didik melalui modul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D (research and development). Prosedur pengembangan modul menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi aritmetika sosial valid dengan penilaian validator termasuk dalam kategori valid namun perlu sedikit revisi dengan persentase rata-rata sebesar 82,50%. Tanggapan peserta didik terhadap modul termasuk pada kategori sangat valid dan tidak perlu revisi dengan persentase 86,94%. Efektivitas modul terhadap hasil belajar peserta didik didapatkan hasil rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 71,79 dan rata-rata nilai kelas kontrol yaitu 54,65. Kemudian diuji t-test mendapatkan hasil t_hitung=6.12> t_tabel=2,01 maka H_1 diterima. Artinya rata-rata kelas yang menggunakan modul aritmetika sosial bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik lebih baik dari pada yang tidak menggunakan modul. Sedangkan Hasil angket sikap spiritual peserta didik didapatkan pre-test sebesar 75% dan post-test sebesar 83%. sehingga diperoleh skor n-gain sebesar 0,32. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul aritmetika sosial bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik efektif meningkatkan sikap spiritual peserta didik dengan kategori sedang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorCahyono, BudiUNSPECIFIED
Thesis advisorNadhifah, NadhifahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pendekatan saintifik; Aritmetika sosial; Islam dan Sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Nov 2018 07:52
Last Modified: 30 Nov 2018 07:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8640

Actions (login required)

View Item View Item