Pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi segitiga dan segiempat kelas VII MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017

Khasanah, Zuhrotul (2017) Pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi segitiga dan segiempat kelas VII MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah peserta didik MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Pekalongan yang masih rendah, akibatnya sebagian besar mencapai nilai dibawah KKM. Upaya yang dapat dilakukan berkaitan hal tersebut adalah menerapkan model pembelajaran CIRC, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik materi segitiga dan segiempat. Sehingga dapat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, serta mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian true experimental design bentuk posttest only control design. Sampel penelitian sebanyak 88 terdiri dari 44 peserta didik kelas eksperimen dan 44 peserta didik kelas kontrol. Sampel diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran CIRC, sedangkan kelas kontrol tetap dengan perlakuan konvensional. Pengumpulan data berasal dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kontrol yang terdiri dari tujuh butir soal berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 63,11 dengan rata-rata ketercapaian kemampuan pemecahan masalah sebesar 75,14% pada kriteria baik. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 55,5 dengan rata-rata ketercapaian kemampuan pemecahan masalah sebesar 66,07% pada kriteria baik. Sedangkan uji t menunjukkan ℎ = 2,69 dan = 1,663. Jadi ℎ > , kesimpulannya yaitu kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajaran CIRC lebih baik dari pada yang menggunakan model konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRomadiastri, YuliaUNSPECIFIED
Thesis advisorMujiasih, MujiasihUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Pemecahan masalah; Segitiga segiempat; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Dec 2018 07:18
Last Modified: 05 Dec 2018 07:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8642

Actions (login required)

View Item View Item