Efektivitas model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan bantuan alat peraga pada materi kubus dan balok terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik MTs Negeri 1 Pati tahun ajaran 2016/2017

Ernawati, Hidayati Azizah (2017) Efektivitas model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan bantuan alat peraga pada materi kubus dan balok terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik MTs Negeri 1 Pati tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HIDAYATI AZIZAH ERNAWATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) adalah model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penggunaan model pembelajaran ini di MTs Negeri 1 Pati dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hal tersebut ditunjukkan dengan kemampuan peserta didik dalam memahami masalah masih kurang, kesulitan dalam merencanakan dan menentukan masalah. Selain itu, kesulitan dalam menyelesaiakan dan menginterpretasikan hasil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembalajaran (PBI) dengan bantuan alat peraga pada materi kubus dan balok efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang berdesain “The randomized pretest-posttest contol group design”. Populasi yang digunakan kelas VIII C sampai VIII F dengan Jumlah peserta didik keseluruhannya adalah 156 peserta didik. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII E dan VIII F. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebelum diadakan penelitian yaitu 49,29 menjadi 73,45. Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen juga lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 73,45 sedangkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol 61,56. Uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh bahwa ℎ = 3,605 dan = 1,664. Karena ℎ >, maka 0 ditolak dan 1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut memiliki rata-rata yang tidak identik artinya ada perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan model pembelajaran (PBI) efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Pati pada materi kubus dan balok.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSaminanto, SaminantoUNSPECIFIED
Thesis advisorNadhifah, NadhifahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Based Instruction (PBI); Kemampuan pemecahan masalah; Kubus dan balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:03
Last Modified: 05 Dec 2018 08:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8647

Actions (login required)

View Item View Item