Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Kelas V dan VI di MI Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara Tahun Ajaran 2012/2013

Islachiyyah, Fitria (2013) Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Kepribadian Guru dengan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Kelas V dan VI di MI Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911023_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911023_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911023_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911023_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911023_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911023_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911023_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang persepsi peserta didik tentang kepribadian guru dengan motivasi belajar. Sebagai teladan bagi peserta didik, seorang harus memiliki kepribadian yang utuh sehingga dapat dijadikan tokoh panutan idola. Karena pada dasarnya nilai-nilai kepribadian guru merupakan sumber motivasi bagi peserta didik, namun pada realitanya masih banyak dijumpai hal-hal yang tidak mencerminkan kepribadian dari seorang guru, masih banyak guru yang mencemarkan wibawa dan citra guru. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah persepsi peserta didik tentang kepribadian guru akidah akhlak kelas V dan VI di MI Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara tahun ajaran 2012/2013? (2) Bagaimanakah motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V dan VI di MI Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara tahun ajaran 2012/2013? (3) Adakah hubungan antara persepsi peserta didik tentang kepribadian guru dengan motivasi belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas V dan VI di MI Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara tahun ajaran 2012/2013? Metode penelitian menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dan VI MI Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara dengan jumlah 45 peserta didik. 22 peserta didik dari kelas V yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 5 peserta didik perempuan, dan 23 peserta didik dari kelas VI yang terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang persepsi peserta didik tentang kepribadian guru (X) dan data tentang motivasi belajar Akidah Akhlak peserta didik kelas V dan VI (Y). Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi peserta didik tentang kerpibadian guru termasuk dalam kategori sedang, yaitu terletak di antara interval 78-84 dengan rata-rata sebesar 81,777 dan standar deviasi sebesar 7,254. (2) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak termasuk dalam kategori sedang, yaitu terletak di antara interval 73-81 dengan rata-rata sebesar 77,42 dan standar deviasi sebesar 8,70. (3) Terdapat korelasi yang positif antara persepsi peserta didik tentang kepribadian guru dengan motivasi belajar Akidah Akhlak kelas V dan VI di MI Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara Tahun Ajaran 2012/ 2013. Hal tersebut berdasarkan pada hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus korelasi Product Momen yang diperoleh thitung = 3,785. Kemudian nilai thitung tersebut di konsultasikan terhadap nilai ttabel 5% = 1,684 dan nilai ttabel 1% = 2,423. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dijelaskan bahwa thitung ttabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% yang besarnya 3,785 > 2,423 > 1,684.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru; Motivasi Belajar; Akidah Akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 13 Dec 2013 05:54
Last Modified: 13 Dec 2013 05:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item View Item