Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Menurut Abdullah Nasih Ulwan (Studi Telaah Kitab Tarbiyatul Aulad fil-Islam Pasal Tanggungjawab Pendidikan Sosial)

Suwanto, Suwanto (2013) Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Menurut Abdullah Nasih Ulwan (Studi Telaah Kitab Tarbiyatul Aulad fil-Islam Pasal Tanggungjawab Pendidikan Sosial). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
088111115_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
088111115_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
088111115_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
088111115_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
088111115_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
088111115_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
088111115_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (30kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pendidikan Islam berupaya membina pribadi muslim yang terpadu pada perkembangan dari segi spiritual, jasmasi, emosi, intelektual, dan sosial yang berkaitan dengan bidang spiritual, kebudayaan dan sosial kemasyarakatan. Hal ini menjadi salah satu yang diperhatikan oleh beberapa pakar pendidikan dan pakar psikologi diantaranya adalah Abdullah Nasikh Ulwan. salah satu alternatif yang diberikan mengenai pendidikan sosial dalam kitab “Tarbiyatul Aulad Fil-Islam” yaitu beliau menawarkan bagaimana sebaiknya kita sebagai para pendidik baik para orang tua dan guru dalam mendidik anak khususnya yang berkaitan tentang nilai-nilai pendidikan sosial. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan sosial menurut Abdullah Nasikh Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam? 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan sosial menurut Abdullah Nasikh Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dengan pendidikan sekarang? Penelitian ini Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang menggunakan pendekatan deskripstif analitis dimana sumber primernya kitab Tarbiyatul Aulad Fil-Islam karya Abdullah Nasikh Ulwan dan sumber sekundernya buku pendukung, data dari sumber yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan content analysis dan metode deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai pendidikan sosial menurut Abdullah Nasih Ulwan dalam kitab “Tarbiyatul Aulad Fil Islam” pada pasal tanggungjawab Pendidikan Sosial mengarah pada pentingnya memberikan pelajaran pada anak tentang perilaku sosial yang berlandaskan ketakwaan, persaudaraan, mengutamakan orang lain, berprilaku adil, menjaga hak orang lain baik hak orang tua, kerabat, guru dan teman, selain itu pentingnya mempunyai adab dalam pergaulan sehari-hari anak yaitu adab yang mengarah pada etika akhlakul karimah sebagaimana yang dicontohkan Nabi, perilaku sosial tersebut akan mampu menjadikan siswa menjadi manusia utama yang mempunyai jiwa ketakwaan dan kepekaan sosial yang tinggi berdasarkan ajaran Islam dan setiap kehidupannya dihiasi jiwa yang akhlakul karimah. 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan sosial menurut Abdullah Nasih Ulwan dalam kitab “Tarbiyatul Aulad Fil Islam” pada pasal tanggungjawab Pendidikan sosial bagi Pendidikan Sekarang perlunya satu bentuk pengajaran kepada anak tentang bertakwa dan berperilaku sosial yang baik, sehingga mampu mengatasi dekadensi moral siswa yang marak sekarang ini. Nilai-nilai ketakwaan, persaudaraan, itsar (mengutamakan orang lain), berperilaku adil, menjaga hak orang lain, beretika dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, beretika dalam berpendapat dan kritik sosial yang dikembangkan Abdullah Nasih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam tentunya dapat dijadikan rujukan yang relevan bagi kehidupan anak sekarang ini yang sangat jauh dari nilai-nilai akhlakul karimah, sehingga nantinya tercipta insan kamil yang mampu hidup dinamis dalam masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Sosial; Abdullah Nasih Ulwan; Tarbiyat Al-Aulad fi Al-Islam; Tanggungjawab Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:54
Last Modified: 16 Dec 2013 04:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item