Efektivitas penggunaan modul fisika online kelas X materi gerak melingkar dalam peningkatkan hasil belajar siswa kelas X

Imania, Lina Ita (2018) Efektivitas penggunaan modul fisika online kelas X materi gerak melingkar dalam peningkatkan hasil belajar siswa kelas X. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
133611002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Modul online merupakan modul yang dapat diakses melalui jaringan internet atau intranet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan modul fisika online materi gerak melingkar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian posttest only control design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan modul fisika online adalah 79 telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (79) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan modul fisika online (70). Hasil uji perbedaan rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan diperoleh t hitung = 3,84 dan t tabel = 1,67. Uji peningkatan hasil belajar menggunakan uji Gain untuk mengetahui seberapa besar efektivitas hasil belajar siswa pada materi melingkar. Hasil uji gain di peroleh geksperimen = 0,30 dengan kriteria sedang dan gkontrol = 0,10 dengan kriteria rendah, karena geksperimen > gkontrol maka kelas eksperimen memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHadi, HamdanUNSPECIFIED
Thesis advisorKumila, Blaunik NiskiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul fisika online; Modul pembelajaran; Gerak melingkar; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Apr 2019 12:46
Last Modified: 26 Apr 2019 12:46
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item