Pengembangan modul fisika berbasis critical and creative thinking materi alat-alat optik kelas XI MAN Kendal tahun ajaran 2017/2018

Al-Khoir, Hakiky Nidiyah (2018) Pengembangan modul fisika berbasis critical and creative thinking materi alat-alat optik kelas XI MAN Kendal tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1403066058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (64MB) | Preview

Abstract

Pemerintah telah melakukan berbagai cara demi mewujudkan pendidikan secara baik dan benar. Usaha dalam menciptakan pendidikan yang baik dan benar dapat dimulai dengan mewujudkan pembelajaran yang efektif. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan oleh Borg and Gall . Pendekatan yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan memilih teknik Purposive Sampling. Hasil pengembangan modul dari uji validitas ahli menunjukkan 66,7 % materi dikatakan layak, 68,3% penyajian dikatakn baik, 79,86% bahasa yang digunakan cukup komnikatif, 80,6% modul kritis dan kreatif. Hasil dari angket respon pesertadidik menujukkan bahwa 71,4 % modul dikatakan cukup mampu mengkonstruk pemikiran kritis dan kreatif. Hasil analisis efektifitas modul dalam pembelajaran, diperoleh harga t hitung untuk post test adalah 1,47 dan t tabel = 1,67 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan modul berbasis critical and creative thinking terhadap pembelajaran fisika materi alat-alat optik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorPoernomo, Joko BudiUNSPECIFIED
Thesis advisorFaqih, M. IzzatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Critical thinking; Creative thinking; Pembelajaran fisika; Optik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Apr 2019 09:56
Last Modified: 29 Apr 2019 09:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9347

Actions (login required)

View Item View Item