Pengembangan instrumen tes berbasis APOS untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa pada materi teori kinetik gas

Fitroh, Ummi Nuzulul (2018) Pengembangan instrumen tes berbasis APOS untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa pada materi teori kinetik gas. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
1403066068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengembangkan instrumen tes uraian berbasis APOS pada materi Teori Kinetik Gas. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan karakteristik instrumen tes berbasis APOS pada materi Teori Kinetik Gas, menguji validitas dan reliabilitas instrumen tes, menguji daya beda dan tingkat kesukaran butir soal, dan mengukur tingkat pemahaman mahasiswa pada materi Teori Kinetik Gas dengan instrumen tes berbasis APOS. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model Borg & Gall dengan 10 tahapan. Namun penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap Uji Produk lebih luas. Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika dan Fisika UIN Walisongo Semarang tahun akademik 2017/2018. Metode pengambilan data meliputi tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes uraian berbasis APOS yang dikembangkan terdiri atas 4 tahapan, yaitu aksi, proses, objek, dan skema. Berdasarkan perhitungan validitas empiris diperoleh instrumen valid dengan jumlah 13 butir soal. Reliabilitas instrumen tergolong sedang yaitu dengan koefisien Alpha 0,42. Produk akhir tes berbasis APOS yang dihasilkan memiliki jumlah 13 soal. Dua soal termasuk kategori mudah, delapan soal termasuk sedang, sedangkan tiga soal termasuk sulit. Hasil analisis instrumen tes berbasis APOS yang telah dikembangkan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa materi Teori Kinetik Gas kurang dengan persentase 56,9%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFadlan, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorFariyani, QisthiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes; APOS; Tingkat pemahaman; Pembelajaran fisika; Teori kinetik gas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 533 Gas mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Apr 2019 10:00
Last Modified: 29 Apr 2019 10:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9349

Actions (login required)

View Item View Item