Pengaruh media rumah bilangan dan gelas bilangan melalui edutainment terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas I tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku di MIN Kudus tahun ajaran 2017/2018

Rohmah, Fina Hidayatur (2019) Pengaruh media rumah bilangan dan gelas bilangan melalui edutainment terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas I tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku di MIN Kudus tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FINA HIDAYATUR ROHMAH___1403096067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi kelas I MIN Kudus yaitu diperoleh informasi banyak peserta didik yang masih lamban dalam berhitung, kurang tertarik belajar matematika, pembelajaran didominasi dengan ceramah, peserta didik belum dilibatkan secara maksimal dalam pembelajaran, kondisi guru madrasah yang kurang memanfaatkan media pembelajaran dengan baik karena media yang tersedia sangat terbatas dan nilai matematika kelas I yang harus mencapai nilai KKM 70. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan media rumah bilangan dan gelas bilangan melalui edutainment agar tercipta pembelajaran aktif dan menyenangkan. Media pembelajaran tersebut dianggap sesuai untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik kelas I MIN Kudus. Mempertimbangkan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah berbantu media rumah bilangan dan gelas bilangan melalui edutainment berpengaruh terhadap kemampuan berhitung peserta didik kelas I MIN Kudus tahun ajaran 2017/2018. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian jenis kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas I yang berjumlah 120 peserta didik yang dibagi menjadi empat kelas. Peneliti mengambil sampel dengan teknik cluster random sampling yaitu dengan acak kelas IA sebagai kelas eksperimen dengan 30 peserta didik dan kelas IC sebagai kelas kontrol dengan 30 peserta didik, untuk teknik analisis data pretest dan post test peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan data nilai pre test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata awal kelas eksperimen adalah 69,05 dan rata-rata kelas kontrol 67,71. Sedangkan berdasarkan data nilai post test pada kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata akhir dari kelas eksperimen adalah 83,37 dan kelas kontrol 77,10. Sehingga analisis uji kesamaan rata-rata akhir atau post test dari kedua kelas tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari t_hitung = 2,70. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan t_tabel = 1,672. Karena t_hitung > t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang pembelajarannya menggunakan media rumah bilangan dan gelas bilangan melalui edutainment berpengaruh atau lebih baik dari pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional tanpa media rumah bilangan dan gelas bilangan pada peningkatan kemampuan berhitung kelas I di MIN Kudus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHidayati, AniUNSPECIFIED
Thesis advisorPurwanti, Kristi LianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Rumah bilangan; Gelas bilangan; Edutainment; Kemampuan berhitung; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:33
Last Modified: 13 Jul 2019 02:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item