Pengembangan bahan ajar IPA kelas V SD/MI berbasis inkuiri terbimbing pada materi gaya dan gerak, pesawat sederhana, dan sifat-sifat cahaya

Umami, Rikha (2019) Pengembangan bahan ajar IPA kelas V SD/MI berbasis inkuiri terbimbing pada materi gaya dan gerak, pesawat sederhana, dan sifat-sifat cahaya. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Rikha Umami 1403096101.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum terpenuhinya buku ajar IPA kelas V SD/MI yang berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas bahan ajar yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R&D). Tahap penelitian ini terdiri dari pengumpulan potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh berdasarkan penilaian komponen kelayakan isi diperoleh skor rata-rata 4,60, komponen tahapan proses inkuiri terbimbing diperoleh skor rata-rata 4,83, dan komponen teknik penyajian diperoleh skor rata-rata 5,00 dengan kategori sangat baik. Komponen penilaian aspek materi secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik dengan jumlah skor rata-rata 4,81 dan presentase keseluruhan sebesar 95%. Penilaian aspek media berdasarkan komponen desain media diperoleh skor rata-rata 4,58 dan komponen kebahasaan diperoleh skor rata-rata 4,75 dengan kategori sangat baik. Penilaian aspek media secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik dengan jumlah skor rata-rata 4,76 dan presentase keseluruhan 93%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHidayati, AniUNSPECIFIED
Thesis advisorAnwar, Edi DaenuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan bahan ajar; Metode pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Pembelajaran sains; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:59
Last Modified: 13 Jul 2019 02:59
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9788

Actions (login required)

View Item View Item