Pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di lingkungan keluarga perkotaan : studi kasus anak usia dini di RW 03 Kelurahan Randusari Kota Semarang

Imamah, Zakiyatul (2019) Pengembangan nilai agama dan moral anak usia dini di lingkungan keluarga perkotaan : studi kasus anak usia dini di RW 03 Kelurahan Randusari Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP - Copy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai agama dan moral anak usia dini (4-6 tahun) yang masih rendah, kurangnya kemampuan anak dalam berkata-kata baik dan berperilaku sopan di lingkungan keluarga perkotaan RW 03 Kelurahan Randusari kota Semarang.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini di lingkungan keluarga perkotaan RW 03 Kelurahan Randusari Kota Semarang, dan apasaja faktor pendukung dan penghambat pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini di lingkungan keluarga perkotaan RW 03 Kelurahan Randusari Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah dan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi dengan subyek penelitian yaitu anak usia 4-6 tahun di lingkungan keluarga RW 03 kelurahan randusari kota semarang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diperiksa keabsahan datanya dengan triangulasi sumber, metode dan waktu. Data dianalisis dengan teknik analisis data model interaktif Miles and Huberman. Berdasarkanhasil penelitian menunjukan bahwa:1) Pengembangannilai agama dan moral di lingkungan keluarga RW 03 Kelurahan randusari kota semarang dengan pola asuh demokratis, dengan cara mengajarkan nilai kereligiusan, kemandirian, sopansantun, kemudian hal-hal yang baik melalui proses pembiasaan. 2) Faktor pendukung pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini yaitu (a) adanya relawan mahasiswa yang motifasi pada anak, (b) perhatian orangtua dalam memeberikan pembelajaran nilai agama dan moral pada anak. Sementara itu faktor penghambat pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini adalah (a) kondisi lingkungan yang dapat memberikan pengaruh negatif kepada anak, baik itu dari perkataan, sikap, maupun cara berpakaian yang kurang baik dan sopan, (b) minimnya pemahaman orangtua terhadap pelajaran keagamaan, (c) minimnya orangtua memberikan contoh kepada anak, dikarenakan waktu orangtua bersama anak sangat sedikit.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKhunaifi, AgusUNSPECIFIED
Thesis advisorMuthohar, SofaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai Agama; Pendidikan moral; Anak usia dini; Lingkungan keluarga perkotaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:15
Last Modified: 20 Jul 2019 02:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9805

Actions (login required)

View Item View Item