Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media boneka wayang peserta didik kelompok A RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang

Meilaningsih, Linda (2018) Upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media boneka wayang peserta didik kelompok A RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak dijumpai pada anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak yang masih kurang khususnya dalam mengungkapkan keinginannya, dan kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran dikelas. Peneliti memilih media boneka wayang untuk mengatasi permasalahan tersebut karena media boneka wayang merupakan media yang kreatif, efektif, dan tidak membosankan bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dan bagaiamanakan keefektifitasan penggunaan media boneka wayang dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A1 dan A2 yang berjumlah 42 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil post-test dan mencari hipotesis mengunakan rumus t-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan angket. Berdasarkan hasil data yang diperoleh peneliti, maka disimpulkan bahwa perbandiangan kelas eksperimen memperoleh rata-rata anak yang mendapat nilai diatas rata-rata kelas sebesar 81% dan kelas kontrol mendapatkan hasil 62% perbandingan anatara kelas kontrol dan kelas eksperimen yakni 19%. Sedangkan perhitungan uji-t diperoleh nilai t_hitung sebesar 2,894 sedangakan t_tabel sebesar 1,684. Karena〖 t〗_hitung> t_(tabel )adanya treatment terhadap kemampuan bahasa anak, hal ini berarti H_o ditolak dan H_aditerima. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media boneka wayang terhadap kemampuan bahasa anak kelompok A di RA Nurul Ulum Ngaliayan Semarang. Keefektivitasan pengaruh media boneka wayang sangat membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A RA Nurul Ulum Ngalian Semarang dengan metode bercerita dengan menggunakan boneka wayang medapat mengembangkan aspek bahasa anak, melatih berimajinasi dan melatih konsentrasi dalam menyimak cerita, dan menarik perhatian, juga memberikan sejumlah pengetahuan sosial, nilai-nilai, dan keagamaan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Media Boneka Wayang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A1 RA Nurul Ulum Ngaliyan Semarang Tahun ajaran 2017/2018. Saran peneliti sampaiakn hendaklah penelitian ini diterapkan disekolah sebagai bukti inovasi guru profesional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMuthohar, SofaUNSPECIFIED
Thesis advisorIstiyani, DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Kemampuan bahasa; Boneka wayang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 20 Jul 2019 02:17
Last Modified: 20 Jul 2019 02:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9807

Actions (login required)

View Item View Item