Efektivitas model pembelajaran AIR (auditory, intellectually, repetition) terhadap entrepreneurship dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Negeri 04 Demak materi pokok aritmatika sosial tahun pelajaran 2018/2019

Ulya, Syarifatul (2019) Efektivitas model pembelajaran AIR (auditory, intellectually, repetition) terhadap entrepreneurship dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Negeri 04 Demak materi pokok aritmatika sosial tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal, menuliskan hubungan konsep-konsep yang digunakan dalam menyelesaikan soal, menemukan alternatif lain dalam menyelesaikan soal. Entrepreneurship peserta didik juga masih rendah, sehingga peserta didik tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya, tidak aktif dalam pembelajaran, dan belum bisa menerima gagasan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap entrepreneurship dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII MTs Negeri 04 Demak Materi Pokok Aritmatika Sosial Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true eksperimental design dengan tipe posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 04 Demak dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, tes dan angket. Data akhir yang diperoleh yakni hasil berpikir kritis dan entrepreneurship peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis berpikir kritis peserta didik diperoleh t_hitung = 2,407 dan t_tabel = 1,678 dengan demikian maka t_hitung>t_tabel. Hasil ini menunjukkan bahwa berpikir kritis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) efektif terhadap berpikir kritis peserta didik materi aritmatika sosial. Pada rata-rata angket entrepreneurship peserta didik, kelas eksperimen mempunyai rata-rata sebesar 78,41 dan kelas kontrol mempunyai rata-rata sebesar 71,44. Dari hasil analisis didapat t_hitung = 3,661 dan t_tabel = 1,678. Karena t_hitung>t_tabel dengan taraf signifikansi 5% maka H_0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata entrepreneurship peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata entrepreneurship peserta didik kelas kontrol. Artinya model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) memberi efek lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSiswanah, EmyUNSPECIFIED
Thesis advisorSetyaningsih, Sri IsnaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurship; Kemampuan berpikir kritis; Model pembelajaran; Auditory Intellectually Repetition (AIR); Aritmetika sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:31
Last Modified: 27 Jul 2019 03:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item