Efektivitas model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) berbantuan math city map pada materi pokok kubus dan balok terhadap kemampuan kerjasama dan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Ungaran

Wulandari, Mei (2019) Efektivitas model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) berbantuan math city map pada materi pokok kubus dan balok terhadap kemampuan kerjasama dan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (59MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan kerjasama dan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Ungaran khususnya pada materi geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Math City Map pada materi pokok kubus dan balok terhadap kemampuan kerjasama dan pemecahan masalah peserta didik Kelas VIII SMP N 2 Ungaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain pretest-posttest-control group design dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Data peneltian dikumpulkan dengan metode tes, observasi, dan angket, dianalisis menggunakan analisis statistik uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan kerjasama peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata setelah perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Math City Map sebesar 85,08 dan sebelum perlakuan diperoleh rata-rata sebesar 81,75. Dari uji hipotesis penelitian dengan menggunakkan uji paired t-test diperoleh t_hitung= 4,135>t_tabel= 1,6955 dengan taraf signifikasi 5%, maka disimpulkan ada perbedaan rata-rata kemampuan kerjasama kelas eksperimen sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan kemampuan kerjasama sebesar 0,182 dengan kategori peningkatan rendah. (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang memperoleh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Math City Map sebesar 66,281. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 59,576. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent t-test diperoleh t_hitung = 1,803 dan t_tabel = 1,667 dengan taraf signifikasi 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel maka dapat disimpulkan ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan Math City Map yang dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik dan dapat dikatakan efektif daripada kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Math City Map pada materi pokok kubus dan balok efektif terhadap kemampuan kerjasama dan pemecahan masalah peserta didik Kelas VIII SMP N 2 Ungaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; kerjasama; Model pembelajaran; Contextual Teaching and Learning ; Media pembelajaran; Math city map
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 27 Jul 2019 03:45
Last Modified: 27 Jul 2019 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics