Manajemen Pembelajaran PAI di TK Alam Auliya Kendal

Rhahmawati, Stya Nila (2012) Manajemen Pembelajaran PAI di TK Alam Auliya Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 063311005_Coverdll.pdf]
Preview
Text
063311005_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 063311005_Bab1.pdf]
Preview
Text
063311005_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 063311005_Bab2.pdf]
Preview
Text
063311005_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 063311005_Bab3.pdf]
Preview
Text
063311005_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 063311005_Bab4.pdf]
Preview
Text
063311005_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 063311005_Bab5.pdf]
Preview
Text
063311005_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 063311005_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
063311005_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (21kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan manajemen pembelajaran PAI di TK Alam Auliya Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu riset yang dilakukan di medan terjadinya gejala-gejala. Penelitian dilakukan dengan metode pendekatan fenomenologis. Data Primer pada penelitian ini adalah Manajemen Pembelajaran di TK Alam Auliya Kendal. Sumber data penelitian ini ada dua macam, yaitu sumber data utama dan sumber data pendukung. Sumber data utamanya adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Datanya berwujud transkip wawancara dan catatan lapangan selama penelitian, yang didukung dengan data penunjang berupa buku-buku, dokumen, catatan, gambar, dan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Selain itu terdapat pendukung lainnya yang berwujud hubungan antar personal yang ada.
Analisis yang digunakan yaitu reduksi data, kemudian disajikan dan terakhir diverifikasi untuk menguji kebenaran data yang ada. Dari analisis data tersebut diperoleh hasil bahwa manajemen pembelajaran di TK Alam Auliya Kendal pada pelaksanaanya melibatkan seluruh komponen sekolah, baik kepala sekolah, guru staf maupun orang tua siswa. Kegiatan pembelajaran di TK tersebut didesain sesuai kurikulum yang berlaku dan disesuaikan dengan kondisi sekitar sekolah. Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan manajemen pembelajaran yang di paparkan di atas, guru di TK Alam Auliya mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik, siswa sebagai subyek yang selalu ikut serta berperan aktif dalam pembelajaran menjadikan guru lebih mudah dalam pelaksanaan pembelajaran, baik dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Taman Kanak Kanak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 04 Dec 2013 08:01
Last Modified: 04 Dec 2013 08:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics